Hypnobirthing Cara Menghilangkan Sakit saat Persalinan

Advertise

Hypnobirthing adalah relaksasi dengan menambah sugesti melalui usapan. Tangan ibu menjadi sarana untuk mengusap daerah bawah payudara hingga perut. Cara ini sebenarnya sudah dilakukan ibu secara alami, yaitu pada saat bayi meronta dalam kandungan. Ketika itu, ibu akan mengusap perut sambil membisikkan kata-kata lembut yang menenangkan. Namun dalam hypnobirthing, teknik ini dilakukan lebih intensif dan tearah.

Dalam hypnobirthing dikenal istilah program positif, yaitu memasukkan pikiran-pikiran positif ke diri ibu dengan membayangkan serta mengucapkan hal positif dan menyenangkan. Program positif dilakukan ketika tubuh dan pikiran ibu rileks melalui empat gerakan relaksasi. Berikut ini keempat gerakan relaksasi hypnobirthing.

Gerakan kepala dan tangan

Miringkan kepala di atas bahu kanan, kemudian putar melalui belakang sampai di atas bahu kiri. Putar kembali melalui depan hingga di atas bahu kanan. Ulangi delapan kali hitungan.

Gerakan tangan, letakkan tangan di atas bahu. Putar ke belakang delapan kali. Selanjutnya ganti arah putaran tangan ke depan delapan kali dengan tangan tetap di atas bahu.

Relaksasi otot

Ibu berbaring santai, lengan samping kanan dan kiri, telapan kanan menghadap ke atas. Tegangkan telapan kaki hingga merambat ke betis, paha, pinggul dan dada. Tarik pundak ke atas dan kedua telapak tangan dikepal kuat-kuat. Kerutkan dahi, kemudian tarik lidah ke arah langit-langit.

Relaksasi pernapasan

Dalam keadaan berbaring, napas akan terdorong ke arah perut. Tarik napas panjang melalui hidung sampai hitungan sepuluh. Kemudian hembuskan napas perlahan-lahan melalui mulut. Lakukan sepuluh kali.

Relaksasi pikiran

Langkah ini diwakili indera mata. Pejamkan mata sejenak, kemudian buka mata perlahan-lahan sambil memandang satu titik tepat di atas mata, makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip, dan hitungan kelima mata akan tertutup.

Pada saat ketiga unsur jiwa (perasaan, kemauan, dan pikiran) dan raga istirahat, masukkan program positif yang akan terekam dalam alam bawah sadar. Contoh program positif, “Aku dan janin di dalam kandungan akan tumbuh sehat. Saat persalinan, kami akan menghadapi segalanya dengan tenang”.

Umumnya program hypnobirthing berlangsung empat kali pertemuan. Pada pertemuan terakhir, ibu dapat melihat jenis kelamin bayi. Caranya dengan pendulum yang dapat berayun sendiri saat relaksasi mencapai puncaknya. Jika bandul bergoyang ke atas dan ke bawah kemungkinan bayi berjenis kelamin laki-laki. Jika bandul bergoyang ke kiri dan ke kanan, kemungkinan bayi berjenis kelamin perempuan.

Adverise

0 comments:

 
Mas Mintos News © 2010 | Designed by Chica Blogger & editted by Blog Berita | Back to top