Cara Menghilangkan Sakit saat Persalinan dengan Metode Alternatif

Advertise

Berikut ini penjelasan metode atau cara Menghilangkan Sakit Persalinan dengan Metode Alternatif

A. Relaksasi

Perkembangan lain dari teknik psychoprophylaxis adalah teknik relaksasi. Manfaat relaksasi adalah:

- Mencegah otot-otot dari kelelahan, khususnya otot besar pada rahim

- Menolong ibu mengatasi stres persalinan

- Menolong menghemat energi

- Membantu ibu berkomunikasi lebih efektif dengan orang-orang di sekitarnya

- Membantu bayi dalam kelahirannya

- Jika ibu rileks maka bayi pun rileks

B. Hipnosis

Metode hipnosis atau hipnotis populer sebagai cara alternatif penghilang rasa sakit selama persalinan. Secara ilmiah hipnosis adalah upaya membawa pasien ke keadaan rileks sehingga otak bekerja di gelombang alfa. Beberapa cara untuk menghipnosis diri:

1. Latihan napas

2. Lakukan teknik verbal

o Menatap benda lurus

o Gunakan hipnoscop

o Metode Mahadibya

C. Posisi melahirkan

Pemilihan posis melahirkan yang tepat sehingga bisa menemukan pereda sakit atau membuat proses persalinan lebih mudah. Kebebasan memilih posisi melahirkan membuat ibu lebih peraya diri mengatasi persalinan dan melahirkan.

D. Terapi bola-bola persalinan

Terapi ini menggunakan bola-bola dari bahan vinil. Cara kerjanya ibu duduk di permukaan bola-bola. Pergerakan bola membuat ibu berayun dan rileks. Pergerakn bola bisa membantu bayi bergerak menuju mulut rahim.

E. Persalinan dalam air

Air dapat mengatasi sakit selama persalinan. Ada beberapa alasan yaitu: air membuat ibu menjadi rileks, otot-otot ibu mengendur, ibu merasa bisa mengontrol diri, memudahkan ibu bergerak, air hangat mengurangi rasa sakit, kulit perineum menjadi lebih lembut, adanya daya gravitasi yang mempercepat kelahiran, air mirip dengan ketuban sehingga bayi tidak trauma.

F. Gerakan dan teknik pernapasan Zilgrei

Terapi zilgrei terdiri dari latihan pernapasan dan gerakan. Metode ini berefek meringankan ibu hamil dan memperbaiki asimitri tubuh sehingga ibu menjadi “bebas seperti burung”. Munculnya rasa sakit saat persalinan, salah satu faktornya karena asimitri tubuh.

G. Terapi akupuntur

Terapi akupuntur dapat mengatasi prolong labour atau persalinan yang panjang, sulit, dan sakit yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penerapan akupuntur pada titik tertentu dapat merangsang kontraksi karena tubuh mengeluarkan sejenis oksitosin.

H. Metode alif dan zikir

Metode alif adalah metode yang didasarkan pada huruf pertama abjad Arab (alif). Alif berbentuk tegak lurus memiliki dasar pemikiran setiap makhluk hidup memiliki energi yang bersumber pada Sang Pencipta. Ibu duduk atau berbaring dalam keadaan suci dan melakukan zikir.

I. Yoga dan peregangan

Saat ibu melakukan peregangan di dalam yoga, otot-otot menjadi lembut sekaligus lentur. Melakukan yoga dalam persalinan sangat baik karena menolong ibu bernapas dan rileks, yaitu dua hal yang membantu meredakan sakit.

J. Metode pernapasan

Dalam persalinan, ibu harus menjaga ritme pernapasan. Jangan sampai durasi menarik napas lebih panjang dari durasi menghembuskan. Tetapi hal ini sulit untuk dikontrol apabila sedang kontraksi, sehingga napas ibu menjadi lebih dangkal.

K. Metode persalinan aktif (Active Birth)

Persalinan aktif merupakan cara sederhana dan nyaman untuk menjalani persalinan normal sambil meminimalkan rasa sakit. Tubuh yang rileks dan pikiran yang terbuka adalah syarat utama menjalankan metode ini. Persalinan aktif bukanlah peristiwa medis yang diatur dokter atau bidan, namun segalanya dikembalikan kepada ibu.

L. Metode Reiki

Reiki adalah salah satu teknik esoterik (mengambil energi dari luar tubuh). Reiki mengakses energi alam semesta dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Reiki merupakan teknik spiritual tingkat tinggi yang sangat unik.

Adverise

0 comments:

 
Mas Mintos News © 2010 | Designed by Chica Blogger & editted by Blog Berita | Back to top