Bakteri super Gen NDM-1: penularan, penyebaran, penanganan dan pengobatan

Advertise


Duniia medis akhir akhir ini ramai membahas tentang Bakteri super atau Bakteri NDM-1. Pengertian Bakteri super NDM-1 adalah bakteri yang dapat membuat enzim yang dinamakan NDM-1. Bakteri ini tergolong super karena kebal terhadap antibiotik  termasuk carbapenems, sejenis obat yang digunakan untuk keperluan emergency dan mengatasi beragam infeksi yang diakibatkan kuman-kuman resisten lainnya, seperti  Methicillin-Resistant Staphyloccus Aureus (MRSA) dan C-Difficile. Banyak orang ingin mengetahui cara penularan dan penyebaran Bakteri super NDM-1, cara pengobatan dan penanganan infeksi yang diakibatkan Bakteri super NDM-1.Gen NDM-1 ini dapat ditemukan pada bakteri-bakteri yang biasa hidup dalam pencernaan, seperti E-coli, yang berasal dari famili berbeda dari MRSA. "Gen ini dapat dengan mudah menyeberang pada bakteri lain dalam saluran pencernaan," kata Dr Nizet.

Cara penularan Bakteri super NDM-1
Bakteri ini dibawa oleh pasien NHS yang sebelumnya terbang ke luar negeri seperti India dan Pakistan untuk melakukan operasi kecantikan. Saat ini infeksi bakteri sudah menyebar dari satu pasien ke pasien lainnya di rumah sakit di Inggris. Penyebaran bakteri super ada di beberapa negara  seperti Inggris, AS, Australia, Swedia, dan Kanada, salah satunya dipicu oleh praktik operasi plastik atau bedah kosmetik. Penularan bakteri ini menyebabkan infeksi pada saluran kemih dan akan mengancam mereka yang kondisi tubuhnya sedang melemah pasca-operasi, atau mereka yang masih bayi atau lanjut usia.

Penanganan dan Pengobatan Bakteri super NDM-1
Untuk penanganan bakteri super ini dibutuhkan pengawasan yang ketat serta obat-obatan baru.

Menurut laporan ada 44 pasien positif bakteri NDM-1 di RS Chennai, 26 pasien di RS Haryana, 37 di Inggris, dan 73 lainnya di wilayah Banglades, India, dan Pakistan. Beberapa orang Inggris yang positif terkena NDM-1 memang pernah berkunjung ke India atau Pakistan untuk berobat, termasuk operasi plastik.


Dampak atau akibat bakteri Super dengan gen NDM-1
Ddampak infeksi yang diakibatkan bakteri dengan gen NDM-1 ini tidak serta-merta akan langsung menimbulkan kematian bagi pasien. Seseorang yang terinfeksi bakteri ini menjadi sulit disembuhkan karena kuman menjadi resisten terhadap beragam antibiotik yang biasa digunakan saat ini.

Adverise

0 comments:

 
Mas Mintos News © 2010 | Designed by Chica Blogger & editted by Blog Berita | Back to top