Waterbirth di Rumah Sakit Happy Land Jogjakarta

Advertise


Di Jogjakarta terdapat Rumah sakit yang menyediakan pelayanan Waterbirth. Adalah Rumah sakit happy land yang merupakan Rumah sakit Di Jogjakarta yang pertamakali menyediakan pelayanan  Waterbirth. sebagai salah satu rumah sakit yang berkonsep Boutique Hospital dan mengutamakan pelayanan yang prima RS Happy land terus berbenah meningkatkan pelayanannya. RS Happy Land akan melaunching Pelayanan waterbirth atau melahirkan di dalam air pada awal Oktober 2010. Waterbirth adalah persalinan dalam air, sama saja dengan proses normal lainnya. Hanya saja tempatnya berbeda, yakni dalam kolam yang di dalamnya diisi air.

Metode atau prosedur waterbirth:
1. Waterbirth murni
Yaitu Ibu masuk ke kolam persalinan setelah mengalami pembukaan 6 sampai proses melahirkan terjadi.
2. Waterbirth emulsion.
Dimana Ibu hanya berada di dalam kolam hingga masa kontraksi akhir sedangkan proses melahirkan tetap dilakukan di tempat tidur.

 Persyaratan  calon ibu yang tidak perbolehkan untuk melakukan water birth :

  1. Calon ibu yang memiliki panggul sempit,
  2. Bayi lahir sungsang atau melintang
  3. Ibu yang sedang dalam perawatan medis
  4. Ibu yang mempunyai penyakit herpes, sebab virus herpes tidak mati dalam air dan dapat menular kepada bayi yang dilahirkan
Persyarat untuk melakukan proses melahirkan melalui water birth. 
1. proses kelahiran dikehendaki melalui jalan lahir normal.
2.  tidak ada infeksi.
3. posisi bayi dalam rahim pada kondisi normal, tidak terbalik (sungsang).
4. ibu tidak memiliki penyakit menular.
5. ketuban belum pecah sebelum masuk ke dalam kolam air.

Persyaratan Rumah sakit yang akan menyediakan Waterbirth:
1. Rumah sakit tersebut harus memilliki kolam bersalin berdesain khusus (birth pool).
2. Kolam bersalin khusus ini, biasanya berukuran antara 1,6 x 1,2 atau 2 m.
3. Volume air di dalam kolam berada di bawah pusar ibu, baik ketika proses melahirkan dengan duduk, berdiri, atau sambil tiduran.Airnya juga harus steril dan suhunya disesuaikan dengan suhu air ketuban. Hal ini agar bayi tidak merasakan perbedaan suhu yang ekstrem antara di dalam perut dengan di luar.

Tips persiapan persalinan di dalam air / water birth :
  1. Ada kemauan dan keyakinan untuk melahirkan di dalam air
  2. Mengikuti senam hamil saat kehamilan, agar proses persalinan berjalan lancar
  3. Pastikan kolam yang akan dipakai dalam persalinan adalah kolam yang memenuhi standart untuk water birth, dan yakinkan kebersihan serta sterilitas kolam.
  4. Menyiapkan data lengkap, seperti pemeriksaan laboratorium sebagai salah satu prasyarat mutlak dalam pelaksanaan persalinan di dalam air 

Manfaat Persalinan metode waterbirth
1. Ibu akan merasa lebih relaks karena semua otot yang berkaitan dengan proses persalinan menjadi elastis.
2. Mempermudah proses mengejan
3. Proses pembukaan jalan lahir akan berjalan lebih cepat.
4. Menurunkan risiko cedera pada kepala bayi.
5. Memungkinkan IQ bayi menjadi lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir dengan metode lain.
6. Peredaran darah bayi akan lebih baik, sehingga tubuh bayi akan cepat memerah setelah dilahirkan.

Peralatan yang diperlukan dalam water birth:
kolam plastik berukuran cukup besar (diameter 2 meter) dengan benjolan – benjolan dibagian bawahnya agar ibu tidak merosot saat persalinan berlangsung. Ketinggian air di dalam kolam juga harus diatur supaya berada di atas pusar baik saat ibu dalam posisi duduk, jongkok atau tiduran. Posisi saat melahirkan dapat dilakukan sebebas mungkin bisa sambil duduk, menghadap ke belakang atau terserah nyamannya si ibu. 
Water heater dan termometer untuk menjaga suhu air agar tetap dalam suhu 37ºC. Hal ini bertujuan agar bayi tidak merasakan perbedaan suhu yang ekstrem antara di dalam perut dengan di luar dan agar bayi tidak mengalami hipotermia. 

Resiko persalinan waterbirth
1. Kemungkinan air kolam tertelan oleh bayi sangat besar
2. Bayi dapat berisiko mengalami temperature shock jika suhu air tidak sama dengan suhu si ibu saat melahirkan yaitu sebesar 37 derajat celcius.
Rumah sakit happy land selain menyediakan pelayanan Waterbirth juga menyediakan pelayanan Hypnobirthing, yaitu metodepersalinantanpa memerlukan alat atau obat tambahan yang bertujuan menengkan calon ibu saat mempersiapkan persalinan. Selain waterbirth, hypnobirthiing Happy Land juga menyediakan Palayanan senam yoga hamil, dan mom'm club. Pelayanan unggulan RS happy land adalah Laservaginal rejuvenation atau peremajaan vagina.  Rumah sakit happy land berlokasi di jl. Ipda tut harsono no 53 yogyakarta. ( by Harminto)





Adverise

1 comments:

Unknown said...

mba boleh ga ak tahu berapa harga lahiran secara waterbirth di happyland n kelas hypnobirthing setelah lebaran ada jadwal tanggal berapa n berapa harganya? sy rencana lahiran di happyland.
makasih:)

 
Mas Mintos News © 2010 | Designed by Chica Blogger & editted by Blog Berita | Back to top