Cara mudah menentukan arah kiblat

Advertise


Baru baru ini umat islam di indonesia resah karena selama ini arah kiblat sholat tidak menuju ke ka'bah namun menuju afrika. Sesuai dalil dan hukumya bahwa sholat harus menghadap kiblat dan arah kiblat adalah ka'bah maka menghadap ka'bah saat sholat adalha wajib hukumnya. Berikut cara mudah dan sederhana menentukan arah kiblat. 
Pada Jumat (16/7/2010) pukul 16.26 nanti, persis saat matahari benar-benar di atas Kabah.
Saat itulah setiap bayang-bayang matahari terhadap semua benda yang berdiri tegak pada permukaan bidang datar mengarah tepat ke arah Kabah.
"Momen ini perlu dimanfaatkan oleh umat Islam untuk mengoreksi arah kiblat masjid, mushalla, langgar atau tempat shalat lainnya yang mungkin belum tepat. Teknik yang benar dan tepat tentu menghasilkan arah kiblat yang cukup akurat," kata Ketua Badan Komunikasi Informasi dan Publikasi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) HM Sulthan Fatoni . Pendapat itu merujuk pada penegasan dari Lajnah Falakiyah PDNU yang membidangi astronomi. Sulthan menambahkan, posisi Kabah (Masjidil Haram) dari Indonesia adalah arah barat laut. Jadi, lanjutnya, dari arah barat lurus bergeser sedikit antara 20 dan 25 derajat ke utara.

Adverise

0 comments:

 
Mas Mintos News © 2010 | Designed by Chica Blogger & editted by Blog Berita | Back to top