Fungsi Simulator Kemudi Mobil dan Motor Korlantas

Advertise


Akhir akhir ini masyarakat di hebohkan dengan berita dugaan Korupsi pengadaan Alat Simulator Kemudi Mobil dan Motor Korlantas. Kasus Simulator Kemudi Mobil dan Motor Korlantas ini sedang ditangani oleh KPK. Sebenarnya apa fungsi atau kegunaan dari alat Kasus Simulator Kemudi Mobil dan Motor ini? Dan Dimana saja posisi alat simulator kemudi ini berada? Berikut penuturan mengenai fungsi dan keberadaan alat Simulator Kemudi Mobil dan Motor oleh Inspektur Satu Sugiran, Perwira Urusan Simulator Ditlantas Polda Metro Jaya yang dikutip dari kompas.com

Simulator itu terletak di Satpas Surat Izin Mengemudi (SIM) yang ada di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. "Yang pertama itu simulator untuk mobil. Simulator ini digunakan dalam pelaksanaan ujian teori untuk mendapatkan SIM A umum, B1 umum, dan B2 umum," ujar Sugiran,

Simulator kemudi mobil, kata Sugiran, hingga kini masih dalam kondisi prima dan selalu digunakan dalam ujian teori permohonan SIM. Ia mengatakan kebereadaan simulator ini sangat bermanfaatkan dalam menentukan kompetensi seseorang dalam berkendara. "Selama ini orang maunya instan. Merasa bisa nyetir, langsung mau buat SIM. Padahal, untuk menyetir juga harus paham teori. Ini akan memberi efek saat terjun ke kondisi jalan sebenarnya," ucap Sugiran.

Sementara untuk simulator kemudi sepeda motor, saat ini baru tersedia untuk sepeda motor untuk laki-laki. Rencananya, tahun 2012 ini, simulator kemudi sepeda motor untuk perempuan juga akan diberikan Korlantas Mabes Polri. Alat tersebut nantinya akan menguji peserta ujian ke dalam 6 bagian yakni swallon test (berjalan zig-zag), Trikana (berjalan membentuk angka 8), sistem pengereman, berjalan membuat V di ujung jalan, membuat letter U, menaiki jembatan, dan jalan lambat lalu mengerem.

 ada empat aspek yang diuji menggunakan simulator kemudi mobil yakni aspek reaksi, aspek antisipasi, aspek konsentrasi, aspek sikap dan aspek perilaku pengemudi. "Misalnya, kalau dalam keadaan cepat terus ada orang menyeberang harus bagaimana mengeremnya. Di layar itu ada sistem pengeremannya," tutur Sugiran.

Adverise

0 comments:

 
Mas Mintos News © 2010 | Designed by Chica Blogger & editted by Blog Berita | Back to top