Tips sukses Tes TOEFL

Advertise

Tips-sukses-Tes-TOEFL
Tes TOEFL saat ini sangat dibutuhkan sebagai parameter dalam penguasaan bahasa inggris. Bahkan Tes TOEFL menjadi syarat untuk mengikuti tes selekasi penerimaan karyawan contohnya lowongan CPNS. berikut ini Tips sukses melewati Tes TOEFL:
Tes TOEFL terdiri dari empat bagian, yakni listening (mendengarkan), structure and written expression (tata bahasa), reading (memahami bacaan), dan writing (esai). Untuk sesi mendengarkan, peserta akan mendapatkan 50 soal dengan lama waktu sekitar 35 menit.
Sementara itu, grammar atau tata bahasa terdiri dari 40 soal. Soal-soal tersebut harus dijawab dalam waktu 25 menit. Adapun untuk mengerjakan 50 soal bacaan, waktu yang disediakan hanya 55 menit. Bahkan, untuk esai, setiap peserta harus membuat karangan sepanjang 300 kata dalam waktu 30 menit.
Pahami perintah soal dengan baik!

Perintah dalam soal-soal TOEFL selalu sama dari tahun ke tahun sehingga semuanya bisa Anda pelajari sebelum menghadapinya. Praktis, dengan melatih kebiasaan memahami perintah soal, Anda tidak akan membuang banyak waktu hanya untuk membaca kalimat perintah soal-soal tersebut.

Percakapan hanya sekali, sesudah itu pergi!

Karena hanya sekali diputar, Anda harus berkonsentrasi penuh mendengarkan percakapan. Ingat, konsentrasilah pada soal yang mengalir lewat telinga Anda. Sedikit saja perhatian ke tempat lain, niscaya buyar konsentrasi Anda.

Pilihlah yang mudah

Tingkat kesulitan soal-soal TOEFL biasanya dibuat bertingkat, dari yang termudah hingga paling sulit. Untuk itu, jangan buang waktu untuk soal-soal yang sulit. Mengerjakan lebih dulu soal yang mudah akan lebih efektif dan efisien karena dengan begitulah Anda bisa mengatur ritme konsentrasi dalam menggarap soal dan menghemat waktu Anda.

Duduk dan dengarkan!

Salah satu kiat khusus ini berguna untuk mengerjakan soal listening dan grammar. Langkahnya, jangan duduk di dekat radio, tetapi ambillah posisi di dekat pengeras suara. Namun, usahakan tidak duduk tepat di depannya langsung sebab crowd yang keluar dari pengeras suara bisa membuat saru percakapan.

Fokus

Jangan terlena aliran dengan percakapan. Langsung saja. Begitu mendengar percakapan, fokuskan konsentrasi pendengaran pada pembicara kedua. Biasanya, jawaban ada pada subyek/pembicara kedua. Perhatikan pula struktur kalimat dan ekspresi dari si pembicara, baik itu ekspresi setuju, terkejut, tidak pasti, memberi saran, dan lainnya. Itu juga bisa membantu Anda menentukan jawaban.

Pahami situasi percakapan

Pada bagian percakapan kerap, fokus pendengaran Anda sebaiknya pada kalimat pertama. Di situlah ide dari percakapan tersebut kerap muncul. Dari situ, Anda harus membuat satu kesimpulan tentang situasi dan kondisi ihwal terjadinya percakapan tersebut, baik itu kapan, di mana, maupun siapa yang bercakap-cakap.

Jangan SKS

Ujian TOEFL tak bisa dilakukan hanya dengan belajar satu malam atau sistem SKS (sistem kebut semalam). Mutlak, persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari. Beberapa buku panduan yang cukup populer dipakai untuk belajar menyiapkan diri menghadapi ujian TOEFL antara lain adalah Barron: How to Prepare for TOEFL atau Cliffs: TOEFL Preparation Guide. Selebihnya, masih banyak buku panduan lain yang mungkin lebih cocok untuk Anda manfaatkan dalam menaklukkan ujian TOEFL yang akan Anda hadapi.

Adverise

0 comments:

 
Mas Mintos News © 2010 | Designed by Chica Blogger & editted by Blog Berita | Back to top